Thursday, April 23, 2009

SINOPSIS INFO BUKU BARU

JUDUL : SISTEM INFORMASI GEOGRAFI MENGGUNAKAN ArcView 3.2 dan ER Mapper 6.0
PENULIS : MUHAMAD JAFAR ELLY
PENERBIT : P.T. GRAHA ILMU YOGYAKARTA
TERBITAN : APRIL 2009
HARGA SATUAN : Rp. 35.000

BUKU DAPAT DIBELI DI TOKO BUKU GUNUNG AGUNG DAN GRAMEDIA DI SELURUH INDONESIA ATAU PESAN LANGSUNG KE EMAIL jafar_elly08@yahoo.com atau ke Hp. 0816.1174874 atau kontak langsung ke Staf pemasaran GRAHA ILMU di 0811.2505318 (OKI)

=========================================

Sistem Informasi Geografi (SIG) bukanlah teknologi baru dalam dunia ilmu computer. Keandalannya dalam menganalisis suatu masalah secara spasial telah menarik minat sebagian besar orang untuk mengimplementasikan teknologi ini dalam berbagai bodang.

Buku ini hadir untuk memberikan pemahaman konsep dan implementasi SIG secara sederhana dengan mengambil contoh kasus perencanaan wisata bahari menggunakan aplikasi ArcView 3.2 dan ERMapper 6.4. ArcView 3.2 sengaja digunakan dalam buku ini karena kemudahannya dan banyak dipakai di berbagai instansi dan perguruan tinggi. Sedangkan ERMapper 6.4 adalah aplikasi pengolah citra yang cukup mudah digunakan belum banyak orang memanfaatkan kecanggihan aplikasi ini.

Salah satu kelebihan buku ini adalah dapat menjelaskan bagaimana mengolah citra dalam ERMapper 6.4 lalu mengombinasikan citra hasil olahan tersebut dengan peta-peta rupa bumi di dalam ArcView 3.2. Langkah demi langkah dapat diikuti dengan mudah sehingga pembaca atau pengguna SIG dapat memahami cara-cara mengolah citra dan menganalisis data spasial dari berbagai sumber.

Pembahasan yang sederhana pada setiap bab dalam buku ini akan memudahkan para pembaca memahami konsep dan implementasi SIG. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mempelajari dan mengembangakan SIG untuk memecahkan suatu masalah secara spasial, buku ini sangat layak dijadikan pegangan sekaligus memperkaya khasanah pengetahuan anda di bidang SIG.

No comments: